dPengalaman bikin e-passport jaksel
( kasus, PASSPORT YANG HILANG )
Halo teman-teman !
Kalian pasti udah denger tentang jepang yg udah bebasin visa nya utk org indonesia...
Yaaa, betul sekali salah satu syarat utama adalah, kalian harus memiliki passport keluaran baru yang biasa di sebut electrik passport ( E-passport )
Nah, disini saya mau berbagi pengalaman saya kemarin bikin e-passport ini.
Dulu sebelum keluar nya E-PASSPORT,
Saya dulu pernah memperpangjang passport saya di kedutaan besar Indonesia di tokyo-jepang.
Dan passport itu sudah habis masa berlaku nya di tahun 2012,
karena saya pikir belum membutuhkan nya lagi, saya terus menunda perpanjangan
passport tersebut,
Pas kemarin ini,
saya dapet kabar dari Perusahaan,
bahwa saya akan di tugas kan untuk meliput
tentang OKINAWA.
Rencana ini akan dilaksanakan pada bulan maret, jadi saya harus bergesas untuk memperpanjang passport saya yg sudah mati itu......
Teledor nya saya,...
seingat saya, saya menaruh passport tersebut di dalam koper yang selalu saya pakai untuk pulang pergi ke Jepang.
Tapiiiii......
Passport yg harus nya ada di dalam koper itu, ternyata gak ada di tempatnya,
setelah saya tanya ke orang rumah, ternyata koper itu pernah di pakai adik saya sebelum nya....
Duuuh, akhirnya saya cari dan sudah (berantakin seisi rumah) gak ketemu jugaaaa....
Kalo gini, saya harus bikin laporan kehilangan di kantor polisi, dan buat passport baru.....
Besok hari nya saya putuskan dan pergi ke polres di daerah slipi, karena cuma di kantor polisi tertentu saja yang menangani surat kehilangan passport,
proses langsung jadi,
Dan karena sudah di bantu bapak polisi, se iklas nya saya berikan uang rokok.
( surat kehilangan harus di minta dan di bawa ke imigrasi 1 hari sebelum me apply passpor )
Setelah itu saya pergi ke kantor imigrasi dengan membawa,
( surat Kartu keluarga+akte lahir+ktp dan surat kehilangan tadi)
sampe di Imigrasi sekitar pukul 10;00 pagi. dan saya langsung di arahkan ke bagian BAP/Untuk bagian kehilangan, berbeda dengan loket yg lain,
begitu sampai saya langsung pergi ke bagian BAP.
Itu ada di bagian paling kiri di pojok
( dimeja ini tidak terdapat Kamera atau mesin sidik jari )
Proses hari itu sangatlah cepat,
Kalian gak perlu ambil nomer antrian, dan nunggu lama-lama.
setelah bertemu pegawai,
saya hanya dimintai foto kopi semua dokumen yang ada, ( untuk fotokopi dokumen, sebaik nya bawa dari rumah, sebanyak 4 lembar per dokumen....karena koperasi didalam sangatlah ramai)
Setelah itu selesailah untuk hari ini,
saya disuruh kembali lagi 2 hari berikut dengan membawa semua DOKUMEN ASLI.
2 hari kemudian saya datang lagi,
saya langsung ke tempat yang kemarin,
dan bertemu petugas yang sama.
saya di suruh tunggu sebentar, dan datanglah petugas lain yang akan mewawancara saya.
wawancara berjalan cukup cepat juga,
saya cuma di tanya :
*Kenapa Passport bisa hilang
*dimana, kapan, hilangnya
*dan kapan habis berlakunya
*juga tujuan buat passport baru / perpanjang.
saya di suruh fotokopi semua DOKUMEN,
berakhirnya wawancara tersebut, maka proses BAP selesai.
saya di berikan secarik kertas, dan disuruh kembali setelah liburan NATAL selesai.
seharus nya proses dari sini cuma perlu 4 hari kerja.
tapi karena saya menaruh dokumen tersebut di tgl 22 desember kemarin, jadi
saya di suruh kembali pada tgl 29-31 desember 2014 desember (pagi)
dan diharuskan membawa semua dokumen ASLI untuk foto dan pengambilan sidik jari.
TGL 31, akhir nya sampe juga di waktu pemotoan, PASSPORT>
sebelum nya saya udah dapet informasi sebaik nya datang pagi banget,
sekitar jam 6:30 karena loket pengambilan nomer sudah di mulai di jam segitu.....
di hari itu saya sudah sampai di sana pada pukul, 6:00!
Tapi bener banget antriiannnnn sudah panjang sekali......
( maaf lupa FOTO, karena masih dalam keadaan ngantuk ^^)
udah deh,
Cepet-cepat saya ambil nomer antrian dooong, takut ga kebagian (^^)
Karena kuota untuk pengurusan passport setiap hari nya hanya melayani 150 orang baik online atau datang langsung...
Kali ini saya lakukan proses langsung,
Jadi saya ambil nomer antrian bukan yg online.
daaaaaaan hasil dari datang jam 6 pagi,
adalaaaaaaaah:
saya dapet nomer antrian ke-107 !!
Wow!! Berarti org-org di depan saya ini dateng jam berapaaaaa dongg?
PENTING !
Waktu pertama datang, dan mengambil antrian nomer di depan pintu masuk,
pastikan di sini kalo kalian mau bikin jenis passport biasa atau E-passport...
tanyakan ke petugas yang berdiri.
karena nanti kalian akan di berikan STAMPEL bertulis ( E ) di amplop dokumen kalian.
saya dapet panggilan sekitar jam 2 siang,
mungkin harus nya lebih cepat, tapi karena
bentrok dengan jam makan siang,
maka loket cuma di buka 2 loket saja....
Dan disini perlu diketahui,
Pembuatan passport ONEDAY SERVICE,
akan lebih cepat kalo kalian menggunakan ONLINE.
karena bisa beda 20 orang lohhh..
setelah selesai di FOTO dan ambil sidik jari,
petugas memberikan kertas yang ada barcode nya.
PEMBAYARAN E-PASSPORT
Sebener nya pembayaran biaya Passport bisa di bayar dengan kartu DEBIT apa saja.
tapi karena petugas di meja saya mesin pembayaran nya rusak, (hadeeeeh....)
akhirnya saya membayar langsung di bank BNI yang ada di depan kantor imigrasi.
yaaah, walaupun agak sedikit terbata-bata karena TAHUN BARU,
Syukurlah semua proses telah selesai,
saya tinggal datang lagi di waktu yang di tentukan dengan membawa bukti pembayaran yang sudah di lakukan...
dan akhir nya saya bisa tahun baru dengan tentraaaaam (^0^)
*pengambilan passport dimulai jam 1 siang,
tapi sebaik nya kalian udah sampai disana jam 12:00an,
karena loket nomer antrian terkadang udah di buka jam 12:30..
disini kalian gak perlu repot apa apa lagi,
cuma nunggu di panggil aja.
No comments :
Post a Comment